Minggu, 20 November 2011

TUGAS BAHASA INDONESIA 2 (PERTEMUAN KE TIGA)

Contoh paragraf yang berkaitan dengan bidang saya :

1. Generalisasi
Berdasarkan data keuangan tahun 2011, laba yang didapatkan oleh perusahaan PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk, adalah sebesar Rp 6,3 Triliun. Dimana pada tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2010 perusahaan mampu menghasilkan laba sebesar Rp 4,0 Triliun. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kenaikan dalam menghasilkan laba sebesar Rp 2,3 Triliun atau naik sebesar 56,7% dari tahun sebelumnya. Perkembangan kinerja Bank Mandiri sampai akhir triwulan II tahun 2011 sangat menggembirakan, menunjukan adanya pertumbuhan yang berkesinambungan.

2. Analogi
Yang dimaksud masyarakat perkotaan atau urban community adalah masyarakat kota yang tidak tertentu jumlah penduduknya. Tekanan pengertian masyarakat perkotaan juga terletak pada sifat-sifat kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat perbedaan dalam hal perhatian, khususnya terhadap keperluan hidup. Jika masyarakat pedesaan mempunyai perhatian utama dan perhatian khusus terhadap keperluan dasar dari kehidupan, seperti pakaian, makanan, rumah, dan sebagainya, maka masyarakat perkotaan, terhadap hal-hal tersebut mempunyai pandangan yang berbeda.
3. Sebab-akibat (kausalitas)
Pariwisata itu ada karena adanya wisatawan. Wisatawan itu ialah orang-orang yang diburu oleh keinginan untuk melihat atau menikmati peristiwa keanehan, keagungan serta keindahan sebanyak mungkin dengan biaya yang serendah mungkin dan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Maka pengusaha yang dibingkai atau dikondisikan dengan psikologi yang seperti itu menciptakan prasarana dan sarana untuk memuaskan tuntutan atau kehendak tersebut. Hotel-hotel, perusahaan, penerbangan, perusahaan taksi, restoran, dan night clubs dipackage, digiring oleh pengusaha untuk menyongsong sikap yang demikian.
Mulai bulan April tahun depan harga berbagai jenis minyak bumi dalam negeri naik. Minyak tanah, premium, solar, minyak pelumas, dan lain-lain, harganya dinaikan karena pemerintah ingin mengurangi subsidi dengan harapan ekonomi Indonesia makin wajar. Kenaikan harga bahan bakar sudah tentu mengakibatkan naiknya biaya angkutan. Jika biaya angkutan naik, harga barang akan naik pula karena biaya tambahan untuk transport harus diperhitungkan. Kenaikan harga ini akan dirasakan oleh rakyat. Karena itu, kenaikan harga barang dan jasa harus diimbangi dengan usaha meningkatkan pendapatan rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar